Skip navigation

milkywayGalaksi adalah kumpulan bintang, debu, dan gas yang membentuk suatu sistem yang amat besar, yang saling berinteraksi secara gravitasional. Sistem tata surya kita berada di galaksi Bima Sakti (Milky Way). Matahari terletal sekitar 30.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti.

Matahari bukan bintang yang istimewa, teteapi hanyalah salah satu dari 200 miliar buah bintang anggota bima Sakti. Bintang – bintang anggota Bima Sakti ini tersebar dengan jarak dari satu bintang ke bintang lain berkisar 4 sampai 10 tahun cahaya. Bintang terdekat dengan matahari adalah Proxima Centauri (anggota dari sistem tiga bintang: Alpha Centauri), yang berjarak 4,23 tahun cahaya.

Berdasarkan perhitungan terakhir, galaksi kita diperkirakan memiliki garis tengah sekitar 100.000 tahun cahaya. Istilah tahun cahaya ini menggambarkan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu satu tahun. Dengan kecepatan 300.000 km/detik, dalam waktu satu tahun cahaya akan menempuh jarak sekitar 9,5 juta juta kilometer. Jadi satu tahun cahaya adalah 9,5 juta juta km. Ini berarti garis tengah galksi kita sekitar     100.000 x 9,5 juta juta km, atau 950 ribu juta juta km (950 diikuti oleh 15 buah nol di belakangnya Busyett deh…). Untuk memudahkan perhitungan, digunakan satuan jarak adalah tahun cahaya. Dengan satuan ini, tebal bagian pusat galaksi kita sekitar 10.000 tahun cahaya.

Advertisements

One Comment

  1. Subhanallah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: